SISTEM
KOMPUTER
Hardware,
terdapat 4 Konsep Hardware, yakni:
- Alat Input adalah
alat-alat yang berfungsi memasukan data atau perintah kedalam komputer.
o
Alat
input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung
diproses oleh alat pemroses. Alat input langsung dapat berupa papan ketik
(keyboard), scanner, voice recognizer, dll.
o
Alat
input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input
diproses oleh alat pemroses. Alat input tidak langsung misalnya keypunch yang
dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam
data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan
key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau
harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
Contoh
dari alat input antara lain:
Keyboard
|
=
|
Papan Ketik yang berfungsi
memasukan data baik itu char (Karakter),number(nomor) atau symbol.
|
Mouse
|
=
|
Sebuah alat input yang
digunakan untuk menunjukan cursor (Pointer)
|
Scanner
|
=
|
Alat input yang berfungsi
untuk men duplikat / mengcopy teks/gambar dari kertas/foto dsb
|
Joystick
|
=
|
Alat
input yang berfungsi memberikan masukan namun biasanya dipakai dalam game
|
Camera digital
|
=
|
Input Gambar/image
|
Microphone
|
=
|
Input
Suara
|
Digitizer
|
=
|
Digunakan
dalam pemetaan
|
Touch Screen
|
=
|
Digunakan
memberikan instruksi sama seperti mouse namun kelebihan nya di sentuh
|
- Alat Pemproses adalah
alat-alat yang berfungsi mengolah data kedalam komputer setelah mengalami
proses Input.
o
Memori
utama, terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan
memori eksternal.
§ RAM (Random Access
Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara
waktu,
§ ROM (Read Only Memory)
yaitu memori yang haya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada
saat komputer pertama kali dinyalakan. Contoh memory External berupa
Hardisk,Flashdisk dan compact disk
o
Central
Prosessor Unit
§ CU (Control Unit) befungsi mengatur dan mengendalikan
semua peralatan yang ada pada sistem komputer. CU mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data di olah serta kapan ditampilkan pada alat output.
§ ALU (Arithmetic And Logic Unit) adalah salah satu bagian
dalam dari sebuah mikroprosessor yang berfungsi untuk melakukan operasi
hitungan aritmatika dan logika.
§ Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan
akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang
sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk
menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
- Alat Output adalah
alat-alat yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi.
Contoh
dari alat Output adalah:
Monitor
|
=
|
Menampilkan
display gambar, teks, symbol dsb
|
Printer
|
=
|
Mencetak
document yang telah kita buat
|
Speaker
|
=
|
Memunculkan
suara yang dapat di input lewat microphone atau mp3
|
Proyektor
|
=
|
sama
seperti monitor, namun media proyektor dapat di dinding
|
- Alat penyimpanan. Perangkat
keras yang melakukan operasi penulisan, pembacaan dan penyimpanan data, di luar
komponen utama.
Contoh dari memori eksternal:
o
FLOPY
DISK
Floppy disk drive yang menjadi standar
pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu 5.25” dan 3.5” yang masing-masing
memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy
disk 5.25” kapasitasnya adalah 360 Kbytes (untuk DD) dan 1.2 Mbytes (untuk HD).
Sedangkan floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 Kbytes (untuk DD dan untuk HD).
o
ZIP
drive
ZIP
drive berasal dari lomega. ZIP drive berukuran kecil 1,47 inchi. ZIP drive ini
memperbaiki keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh floopy disk. Perangkat
ini terdiri dari floopy drive dan cartridge floopy khusus, yang mampu menampung
sampai 100MB data.
o
Hardisk
hardisk
juga meyimpan data dalam bentuk track, sektor, dan cluster.
§ Hardisk Nonremovable
(Hardisk Internal) adalah hardisk yang tetap berada di dalam unit sistem
komputer dan digunakan untuk menyimpan hampir semua program dan sebagian besar
file data. Hardisk jenis ini terdiri dari beberapa piringan logam atau
kaca (glass) berdiameter 1 sampai 5,25 inci (umumnya 3,5 inci), tersusun dalam
bentuk kumparan dan berisi data pada kedua sisi piringannya. Head baca/tulis
yang terletak di setiap sisi piringan, diatur oleh lengan penggerak yang
bergerak maju mundur untuk mencari lokasi yang tepat pada piringan. Kapasitas
hardisk nonremovable bervariasi antara 40 sampai 300 gigabyte.
§ Hard Removable (Hardisk
Eksternal)
Terdapat
dua jenis hardisk portabel, antara lain :
§ Hardisk
Eksternal adalah hardisk yang bisa ditempatkan di luar unit sistem dan tetap
berpembungkus anti udara. Melalui kabel, hardisk dihubungkan ke unit sistem
komputer ke port FireWire, USB atau port lain.
§ Hardisk
Removable atau hard-drive catridge terdiri dari satu atau dua piringan
dilengkapi head baca/tulisnya, terlindung dalam pembungkus kaku serta dapat
dimasukkan ke drive catridge pada unit sistem mikrokomputer. biasanya dipakai
untuk mem-backup dan memindahkan file-file data berukuran besar,
o
CD-ROM
CD-ROM
yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin (polycarbonate) dan dilapisi
permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium
o
DVD
(Digital Versatile Disc)
Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data
di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact
Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang.
CD-ROM (Compact Disc Read Only Memory) adalah media untuk menyimpan data atau
informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar (lebih dari 600 MegaByte).
Jauh lebih besar jika kita bandingkan dengan floppy disk (1,4 MB). DVD adalah
generasi lanjutan dari teknologi penyimpanan dengan menggunakan media optical
disc. DVD memiliki kapastias yang jauh lebih besar daripada CD-ROM biasa, yaitu
mencapai 9Gbytes
Software
aplikasi
Bahasa pemprograman di bagi menjadi 4
kelompok:
1. Object
Oriented Language (Visual dBase, Visual FoxPro, Delphi, Visual C)
2. High
Level Language (seperti Pascal dan Basic)
3. Middle
Level Language (seperti bahasa C)
4. Low
Level Language (seperti bahasa Assembly)
Bahasa
pemprograman berdasarkan tingkat
-
Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi.
Merupakan bahasa
tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya
terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada
sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.
Sebagai
contoh adalah :
BASIC,
C, C++, COBOL, FORTRAN, Pascal, Java , .NET
- Bahasa Tingkat Menengah
Disebut
tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun
rendah.
Contohnya
bahasa C.
- Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman yang berorientasi
pada mesin. Disebut tingkat rendah karena bahasa ini lebih dekat ke bahasa
mesin daripada bahasa manusia.
Contoh
: bahasa assembly untuk mikroprosesor Intel 8088
Brainware
Brainware
Komputer adalah setiap
orang yang terlibat dalam kegiatan pemanfaatan komputer atau sistem pengolahan
data. Brainware juga dapat diartikan sebagai perangkat intelektual yang
mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari hardware
komputermaupun software
komputer.
Tugas Dan Tanggung Jawab Brainware
- Brainware (System
Analyst)
Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu sistem / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
Orang yang bertugas mempelajari, menganalisa, merancang dan membentuk suatu sistem / prosedur pengolahan data secara elektronik berdasarkan aplikasi yang dipesan oleh pemakai jasa komputer.
Tugas Dan Tanggung
Jawab
Orang yang yang bertugas menganalisa system yang akan
diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan
kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan.
- Brainware
(Programmer)
Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang. Programmer mentransformasikan apa yang telah dirancang oleh System Analyst ke dalam bentuk kode program (source code) sehingga menghasilkan suatu aplikasi/software.
Pembuat dan petugas yang mempersiapkan program yang dibutuhkan pada sistem komputerisasi yang dirancang. Programmer mentransformasikan apa yang telah dirancang oleh System Analyst ke dalam bentuk kode program (source code) sehingga menghasilkan suatu aplikasi/software.
Tugas Dan Tanggung
Jawab
Orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system
analis, yaitu membuat program (baik aplikasi maupun system operasi) sesuai
system yang dianalisa sebelumnya.Tanggung jawab pemrogram terbatas pada
pembuatan program komputer.Pengetahuan programer cukup terbatas pada teknologi
komputer, sistem komputer, utilitas dan bahasa-bahasa program yang
diperlukan.Pekerjaan programer sifatnya teknis dan harus tepat dalam pembuatan
instruksi-instruksi program. Pekerjaan programer tidak menyangkut hubungan
dengan banyak orang,terbatas pada sesama pemrogram dan analis sistem yang
mempersiapkan rancang bangun (spesifikasi) program.
- Brainware
(Administrator / Operator)
Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer.
Orang yang bertugas mengelola suatu sistem operasi dan program program yang berjalan pada sebuah sistem/jaringan komputer.
Tugas Dan Tanggung Jawab
1. Menerima Laporan leaver, stayer, cheater (MH, bugs, dll)
dari users yg ada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yg ada.
2. Menjaga ketertiban / keteraturan Channel utama
SquaLGamers
3. Mencegah flooding (mengulang kata - kata yg sama dalam
waktu singkat)
4. Mencegah flaming ( kata-kata yg bisa memancing emosi user
lain )
5. Mencegah capslock ( capslock = teriak dalam aturan chat,
mengurangi kesopanan )
6. Mencegah badword ( kata-kata kasar atau pun jorok/ tidak
sopan )
7. Mencegah user yg promo server lain di channel selain
server melsagamers
8. Mencegah spam ( stupid pointless anoying message )
BY. MAULANA MUCHLISH
DOSEN. DIAN NOVIATI,
M.Kom
No comments:
Post a Comment